Kamis, 16 Januari 2014

L O S T


LOST adalah serial TV yang kini telah menjadi salah satu serial paling laris di Amerika, dan mungkin di dunia. Setahun setelah rilis, serial ini sempat mampir untuk tayang di stasiun TV lokal di Indonesia. Dibintangi oleh Matthew Fox sebagai Jack Shephard, dokter yang menjadi korban kecelakaan pesawat dan terdampar di pulau misterius. Bersamanya, ada Kate Austen (Evangeline Lily), Sayid Jarrah (Naveen Andrews), James 'Sawyer' Ford (Josh Holloway), Hugo 'Hurley' Reyes (Jorge Garcia), Jin & Sun Kwon (Daniel Dae Kim dan Yunjin Kim), John Locke (Terry O'Quinn), Charlie Pace (Dominic Monaghan), Claire Littleton (Emillie de Ravin) dan masih banyak lagi. Sekelompok orang dengan pribadi yang berbeda-beda dan memiliki masalah masing-masing terpaksa harus bertahan hidup bersama pulau tersebut.
 
Layaknya sinetron, LOST memiliki konflik-konflik yang yang bercabang kemana-mana. Bedanya, tentu saja cerita LOST lebih seru untuk disaksikan. Premisnya memang sederhana; sekumpulan orang korban kecelakaan pesawat terbang harus bertahan hidup di sebuah Stranded Island. Bukan tugas yang mudah memang. Tapi hal ini dipersulit lagi dengan 'identitas' pulau tersebut yang ternyata menyimpan segudang misteri yang luar biasa kompleks. Serius, sangat amat kompleks. Seperti salah satu ucapan karakter di serial ini, "Every questions' answered will lead into another questions". Hal ini mungkin akan mengakibatkan kalau mau nonton dan menikmati LOST, you have to watch it from the very first episode.

Di season 1 konsep yang disajikan serial ini tidak hanya cerita tentang survival dari semua korban pesawat Oceanic 815 aja, tapi ada flashback-flashback tiap tokoh yang membuat penonton jadi kenal dengan masing-masing karakter. Seiring berjalannya waktu, ternyata penulis serial ini gak kehabisan akalnya untuk terus mengubah konsep alur, menambah cabang cerita dan misteri-misteri yang tentunya makin membuat seru dan menegangkan.

Berikut sinopsis singkat tiap season.

Di season 1 diperkenalkan misteri keberadaan The Others, yakni para penghuni pulau tersebut, lalu Smoke Monster, bentuknya bagai asap hitam yang bisa mengejar orang, Bangkai Pesawat misterius, karakter John Locke yang tidak lumpuh lagi saat berada di Pulau itu, misteri angka kutukan 4 8 15 16 23 42, serta Danielle Rousseau, wanita Prancis yang sudah terdampar 16 tahun di sana. Orang pertama yang diceritakan meninggal adalah Boone Carlyle (Ian Somerhalder).

Di season 2 mulai ada konflik antara survivors dan the others, para survivors pun terbagi dua: Science diwakili Jack dan Faith diwakili John. Belum tuntas misteri di season 1, tiba-tiba muncul misteri baru, ada organisasi Dharma Initiative, dan Desmond Hume (Henry Ian Cusick) yang ditemukan berada di hatch untuk menekan angka 4 8 15 16 23 42 setiap 108 menit untuk menyelamatkan dunia. Ia mengklaim terjadinya kecelakaan pesawat akibat dirinya yang tidak menekan angka angka tersebut.


Season 3 menceritakan lebih banyak misteri dan munculnya tokoh Benjamin Linus (Michael Emerson) dan para survivors lain yang selamat saat kecelakaan. Banyak yang bertanya-tanya, misteri semakin banyak, sementara belum ada yang terjawab.

Season 4 lebih fokus menceritakan tentang survivors dan tim penyelamat yang datang. Di sini diselipkan scene flashforward di mana digambarkan ada 6 orang survivors selamat (Oceanic 6) Gilanya, pulau ini ternyata menjadi pulau dianggap harus di’jaga’ keberadaannya tidak terdeteksi oleh manusia dan alat GPS manapun.

Di season 5 ada dua timeline (para survivors pulau itu terlempar ke 1974) dan time line sebenarnya di tahun 2007. Di sini pemirsa diajarkan bahwa segala sesuatu yang terjadi di present adalah cerminan / akibat dari masa lalu. Jadi mereka tidak bisa mengubah masa lalu. Masa lalu itu adalah present nya mereka. Semua yang mereka lakukan di tahun 1970-an itu berdampak ke masa depan.


Di season 6 suka atau tidak, di sini misteri di balik 5 season itu, mengarah kembali ke pulau misterius itu. Muncul dua karakter baru Jacob dan Man In Black yang menjadi kunci awal penghuni pulau itu. Misteri misteri aneh kecil lainnya sudah menjadi terkubur dengan sendirinya. Sebagai penutup, digambarkan semua survivors sedang berada di Gereja di suatu timeline, semuanya sudah meninggal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar